Facebook

Tuesday, August 23, 2016

Berita Teknologi : Wow Keren! Olimpiade Tokyo 2020 Jepang Akan Gunakan Logam Limbah Elektronik Jadi Medali

Berita Teknologi : Wow Keren! Olimpiade Tokyo 2020 Jepang Akan Gunakan Logam Limbah Elektronik Jadi Medali
Berita Teknologi : Wow Keren! Olimpiade Tokyo 2020 Jepang Akan Gunakan Logam Limbah Elektronik Jadi Medali
CuapCuapBerita – Pagelaran Olimpiade Rio 2016 telah berakhir, dan kini para atlet seluruh dunia mempersiapkan diri untuk menyambut pagelaran Olimpiade selanjutnya di Jepang pada tahun 2020 mendatang. Nantinya pada acara pembukaan tersebut dihadiri Perdana Menteri Jepang, Shinzo dengan kostum Super Mario dari Nintendo. Tentu saja pada Olimpiade di Jepang tahun 2020 mendatang aka nada berbagai kejutan menarik dimana mampu memberikan keistimewaan bagi penonton sekaligus para atlet.

Jepang tidak tinggal diam sebelum pagelaran Olimpiade dimulai telah dipersiapkan dari sarana dan infrastruktur sangat diperhatikan. Menurut Nikkei selaku perusahaan bahan logam telah bersedia untuk memenuhi kebutuhan bahan logam dari medali emas, perak dan perunggu. Tetapi ada sesuatu yang unik dari Nikkei dimana mereka akan menggunakan bahan daur ulang dari kutaan limbah barang elektronik seperti smartphone dan menyaring semua logam yang diperlukan untuk membuat medali. 

Diprediksi, Jepang tidak akan menmui kesulitan untuk bisa mendapatkan pasokan logam emas karena di tahun 2014 saja, Jepang berhasil mendaur ulang emas sebanyak 143kg, 1,1 ton tembaga, dan 1,5 ton perak. Semua logam tersebut dihasilkan dari limbah elektronik. Pencapaian tersebut menjadi rekor tertinggi dimana pada Olimpiade London 2012 saja hanya berhasil mendapatkan 9,6 emas, 1,2 ton perak, dan 700 perunggu. 

Tidak berhenti sampai disitu saja, Jepang juga memiliki catatan unik dari program daur ulang limbah tersebut dimana negara sakura ini mendapatkan prosentase 16% emas, 22% perak dari semua total emas dan perak di dunia. Tentu saja angka tersebut sangat mencengangkan karena semua tahu bahwa Jepang tidak memiliki tambang sebesar negara-negara lainnya. 

Jadi nantinya para atlet yang berhasil menjadi juara pertama, kedua, dan ketiga akan mendapatkan medali yang berasal dari hasil daur ulang limbah elektronik.

(Beritateknologi)

0 komentar:

Post a Comment