Facebook

Monday, June 20, 2016

Kenapa Daging Apel Berubah Menjadi Cokelat Setelah Terpapar Udara?

Kenapa Daging Apel Berubah Menjadi Cokelat Setelah Terpapar Udara?
Kenapa Daging Apel Berubah Menjadi Cokelat Setelah Terpapar Udara?

Cuap-Cuap Berita – Mungkin Anda sering mengkonsumsi buah apel sebagai cara untuk menyehatkan badan. Namun pernahkah Anda mengamati mengenai daging buah apel berubah menjadi cokelat setelah dipotong atau terpapar udara? 

Fenomena tersebut sudah menjadi satu pertanyaan besar bagi orang umum yang sering mengkonsumsi apel. Ternyata perubahan warna daging buah apel tersebut reaksi alami dari apel dalam melindungi diri dari paparan bakteri. Dilansir dari Today I Found Out, daging apel yang berubah warna merupakan satu reaksi alami untuk melawan bakteri ataupun jamur. Jika apel dipotong maka akan mengeluarkan enzim jika terkena oksigen. Pada saat prosesnya terjadi maka enzim tersebut akan mengeluarkan lapisan yang teroksidasi dimana mamu melindungi diri dari benda asing.
Enzim tersebut bernama polifenol oksidase dimana terdiri dari beberpa enzim yakni katekol oksidase dan enzim monophenol oksidase. Jika nanti terkena oksigen dengan intensitas sedang atau banyak maka akan menghasilkan senyawa fenolik kemudian berubah menjadi orto-kuinon yang akan memberikan perlindungan dari serangan bakteri dan jamur. Bisa dikatakan buah apel memiliki antiseptik alami. 

Senyawa Orto Kuinon atau O-Kuinon tersebut sebenarnya tidak mempunyai warna tetapi senyawa tersebut bereaksi dengan asam amino dan oksigen kemudian akan menghasilkan melanin. Dari situlah kenapa warna cokelat pada apel terjadi setelah dipotong dikarenakan melanin terpapar oleh udara atau oksigen.

Jika Anda ingin warna dari buah daging buah apel tetap putih maka setelah dipotong masukkan ke dalam lemari es. Langkah tersebut akan memperlambat reaksi kimia dari proses oksidasi. Cara sederhana lainnya juga bisa dilakukan yakni dengan melumurkan air lemon pada buah apel yang sudah dipotong-potong. 


0 komentar:

Post a Comment