Facebook

Saturday, June 11, 2016

Tips Olahraga Sehat Saat Menjalankan Puasa

Tips Olahraga Sehat Saat Menjalankan Puasa
Tips Olahraga Sehat Saat Menjalankan Puasa

Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan tentu saja membutuhkan banyak tenaga dan konsentrasi dalam menjalankan setiap aktifitas. Merasa lapar dan haus selam puasa membuat tubuh menjadi lemas dan kebanyakan saat puasa menghindari kegiatan olahraga. Padahal melakukan olahraga pada saat berpuasa dipercaya mampu memberikan manfaat yang baik pada tubuh.

Jika Anda ingin menjalankan kegiatan olahraga pada saat puasa pastikan makanan yang Anda konsumsi memiliki kandungan gizi dan nutrisi tinggi. Menurut pakar diet dari Prime Hospital, Sakina Mustansir dan dilansir dari Gulf News memberikan pendapat jika jenis makanan dan asupan yang dibutuhkan sangat bergantung pada jenis dan intensitas dari kegiatan olahraga. Faktor asupan makanan sangat berpengaruh terhadap ketersediaan energy. 

Jika Anda ingin menjalankan olahraga ringan seperti yoga, jalan kaki, dan jogging sebaiknya lakukan beberapa jam setelah berbuka puasa. Sedangkan dari jenis makanannya bisa menggunakan makanan ringan lalu digabungkan dengna minuman berjenis jeruk. Anda juga bisa mengkonsumsi buah kurma 3 sampai 4 biji dan jangan lupa untuk minum air putih secukupnya.

Selama melakukan kegiatan olahraga kandungan protein dalam tubuh akan turut hilang, dan untuk mengembalikannya harus dikonsumsi dengan ayuran berprotein tinggi dan daging seperti ikan, kalkun, dan ayam. Sebaiknya konsumsi makanan berprotein tinggi satu jam setelah melakukan kegiatan olahraga.

Sedangkan untuk gizi karbohidrat dilakukan dengan mengkonsumsi nasi merah, oat, quinoa, buah alpukat, dan biji rami. Untuk bahan masakan yang disarankan adalah minyak kelapa dan minyak zaitun. 

Setidaknya Anda tetap mengkonsumsi air sebanyak 1,5 sampai 2 liter saat menjalankan olahraga. Cara tersebut sangat dipercaya untuk menjaga ketersediaan cairan saat tubuh banyak mengeluarkan cairan. 

Satu hal penting dalam melakukan kegiatan olahraga pada saat puasa adalah harus meperhatikan intensitas olahraga dan selalu imbangi dengan konsumsi makanan bernutrisi tinggi serta menjaga ketersediaan cairan tubuh dengan minum air cukup banyak.

0 komentar:

Post a Comment